Konsep Dasar Orientasi Objek

 Apa saja konsep orientasi objek itu?

Pemodelan merupakan proses merancang piranti lunak sebelum melakukan

pengkodean ( Coding ).

Model dapat dianalogikan seperti pembuatan arsitektur bangunan/Gedung.

Dengan menggunakan model, maka diharapkan dapat membuat perangkat

lunak yang sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Pemodelan berorientasi objek, yaitu cara berfikir dalam pembuatan

perangkat lunak berdasarkan abstraksi pada dunia nyata.


Konsep dasar Pemrograman berorientasi objek


Pemrograman Berorientasi Obyek (Object-Oriented Programming disingkat OOP)

adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan terhadap obyek. Pemrograman

Berorientasi Obyek merupakan jenis pemrograman dimana programmer

mendefinisikan tidak hanya tipe data dari sebuah struktur data, tetapi juga jenis fungsi

(op.erasi) yang dapat diterapkan pada struktur data.


Apa itu Objek ?


Objek merupakan struktur data yang terdiri dari bidang data dan metode bersama

dengan interaksi mereka dengan tujuan untuk merancang aplikasi dan program

komputer. Semua data dan fungsi yang ada di dalam paradigma ini dibungkus dalam

kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek juga bisa menerima pesan, memproses

data, dan mengirimkan pesan ke objek yang lainnya.


Berikut merupakan konsep-konsep yang terdapat di dalam ruang lingkup Pemrograman

Berorientasi Obyek :


Kelas (Class)


Kelas merupakan kumpulan atas definis data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk

tujuan tertentu. Kelas juga digambarkan dengan penggambaran satu set objek yang

mempunyai atribut yang sama. Kelas baru dapat dibentuk lebih pesifik dari kelas ada

umumnya. Kelas juga diibaratkan jantung dalam Pemrograman Berorientasi Obyek.


Objek (Object)


Objek adalah entitas yang mempunyai atribut, karakter dan kadang kala disertai dengan

kondisi. Objek ini merupakan teknik dalam menyelesaikan masalah yang sering muncul

dalam pengembangan perangkat lunak. Teknik ini sangat efektif untuk menemukan cara yang

tepat dalam membangun sistem dan menjadi metode yang paling banyak digunakan oleh para

pengembang perangkat lunak.


Abtraksi (Abstraction)


Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya,

yakni kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek yang ada didalam sistem melayani

berbagai model dari pelaku abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan juga perubahan

serta dapat berkomunikasi dengan objek lain dalam sistem tanpa harus menampakkan

kelebiihan yang diterapkan.


Enkapsulasi (Pembungkus)


Pembungkus adalah penggabungan potongan informasi dan perilaku-perilaku spesifik

yang bekerja pada informasi tersebut, untuk kemudian mengemasnya menjadi sebuah

objek.


Polimorfisme


Polimorfisme adalah sebuah fungsionalitas yang diimplikasi dengan berbagai cara yang

berbeda. Programmer dapat mempunyai berbagai implementasi untuk sebagian fungsi

tertentu.


Inheritas (Pewarisan)


Inheritas ini merupakan konsep yang memiliki fungsi mengatur polimorfisme dan

enkapsulasi dengan mengizinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis yang

khusus dari objek yang sudah ada. Objek-objek ini dapat membagi dan memperluas

perilaku mereka tanapa melakukan impkementasi perilaku tersebut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Void dan Private Void

persiapan pembuatan website

Advanced Micro Device (AMD)